Santai saja..

Catatan di blog ini hanyalah pemikiran subjektif semata. Sekedar mencatat dari sudut pandang saya.

26 March, 2011

Musisi HEBAT harus memiliki 6 hal ini..

Musisi/musikus menurut wikipedia adalah:
Orang yang memainkan alat musik atau orang yang menyanyi. Seorang musikus juga seseorang yang menulis musik, baik untuk dirinya sendiri maupun diserahkan ke orang lain..
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa seorang musisi/musikus paling tidak mampu memainkan alat musik atau menyanyi dengan baik dan juga mampu menciptakan lagu terlepas dari jenis atau aliran musiknya.

Pandangan saya, sebaiknya ditambahkan menjadi 6 kemampuan sekaligus keharusan seorang musisi agar benar-benar dapat bertanggungjawab dengan profesinya, 4 hal tambahan yang saya maksud adalah:

Kemampuan Aransemen lagu
Hal ini merupakan hal yang sebenarnya dibutuhkan seorang musisi. Apalah artinya bisa memainkan alat musik atau menyanyi dengan baik lagu ciptaannya sendiri tanpa bisa mengaransemen lagu musisi lain menjadi suatu karya musik "baru" yang enak dinikmati dari sudut berbeda.

Bisa memainkan dengan baik lebih dari satu alat musik
Untuk penyanyi, sebaiknya juga bisa memainkan dengan baik minimal satu alat musik. Singkat kata, coba anda tanyakan kepada teman anda yang mampu memainkan dua alat musik mengenai pemahamannya tentang bagaimana "membongkar-pasang" sebuah lagu, saya yakin teman anda akan sangat paham dan luwes menjawab dan menerapakan aransemennya dibanding yang hanya mampu memainkan satu alat musik.

Pernah menjadi "Frontliner"
Maksud saya adalah musisi yang hebat paling tidak pernah tampil di berbagai event, festival, band competition dll. Hal ini sangat membantu kualitasnya sebagai musisi hebat.

Masuk dapur rekaman
Dan akhirnya akan lebih lengkap apabila musisi tersebut pernah atau sementara terlibat dalam pembuatan album rekaman. Bisa sebagai session player, music director, bahkan artis yang akan "menjual" album atau single-nya.

Jadi musisi hebat harus memiliki 6 hal ini:
  1. Mampu memainkan alat musik/menyanyi dengan baik
  2. Mampu mencipta lagu
  3. Berkualitas dalam mengaransemen lagu musisi lain
  4. Sebaiknya dapat memainkan lebih dari satu alat musik (tentunya dengan baik)
  5. Pernah "manggung"
  6. Pernah rekaman

No comments:

Post a Comment