Santai saja..

Catatan di blog ini hanyalah pemikiran subjektif semata. Sekedar mencatat dari sudut pandang saya.

26 March, 2011

Jawaban untuk teman tentang improvisasi melodi

Jawaban saya ada 3. Bukan teknik improvisasinya yang saya jelaskan, melainkan 3 hal yang  dapat mempengaruhi keindahan improvisasi melodi. 3 hal tersebut adalah:

Memainkan Melodi ( arisme.com/story/?paged=4)
1. Pikiran

Saat memainkan sebuah improvisasi melodi, pemain harus berpikir "cepat" namun tetap tenang dalam menerapkan apa yang akan atau sedang ia mainkan (teori, modes termasuk didalamnya). Dengan kata lain improvisator dapat bertanggungjawab dengan apa yang ia mainkan.

2. Perasaan

Improvisator harus memahami komposisi lagu, sehingga improvisasi melodi yang dimainkan benar-benar dapat dijiwai dan dipahami. Saat melakukan improvisasi, faktor perasaan sangat penting untuk diikutsertakan karena hal itu akan membuat improvisasi yang dimainkan menjadi indah dan memiliki ciri khas.

3. Daya tahan

Apalah gunanya memahami teori musik dan feel yang bagus dalam berimprovisasi jika tidak dibarengi dengan daya tahan dalam memainkan sebuah improvisasi melodi. Daya tahan yang saya maksud adalah stres atau daya stres bermain musik (improvisasi melodi). Artinya adalah, kemampuan seseorang dalam mempertahankan kontinuitas melodi sehingga tidak terkesan dipaksakan.

(Post ini saya kutip lagi dari notes saya di akun FB Oktober 2009)

No comments:

Post a Comment